Pendidikan Yang Mencerdaskan Anak Bagi Orang Tua

Tahukah bahwa anak pandai tak selamanya memiliki penampilan yang tenang, diam dan tingkah-tingkah ataupun sikap yang terkadang dianggap positif oleh orang dewasa. Salah satu dari ciri anak pandai atau cerdas adalah aktif. Namun jangan salah, tidak sedikit anak aktif yang dianggap sebagai nakal, bandel dan citra negatif lainnya. Berikut akan diungkap beberapa fakta unik mengenai anak aktif.

Dulu pernah kayak gini kaannn…hehehe

Anak yang aktif merupakan anak yang memiliki rasa keingintahuan besar. Timbulnya keingintahuan tersebut membuat anak selalu mencoba untuk mencari jawaban dari rasa penasaran yang dia hadapi. Dampaknya adalah anak menjadi sering melakukan aktivitas yang tidak diduga oleh orang dewasa. Salah satunya adalah membongkar mainan, mencoba mengaduk-aduk benda simpanan orang tua, mencari tau lokasi benda-benda, mencoba masuk ke ruang-ruang yang membuat dia ingin tahu seperti gudang, dan lain sebagainya. Sikap rasa ingin tahu tersebut kelak akan muncul dan tumbuh menjadi kemampuan anak untuk menganalisa sesuatu hal. Jadi jangan cegah jika anak anda aktif dan penasaran, yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah mengarahkan serta memfasilitasi.
Anak yang banyak bicara dan bertanya banyak hal juga merupakan ciri anak aktif. Terkadang orang tua sampai merasa kesal ketika anak terlalu banyak bicara ataupun bertanya. Padahal ketika sang anak bertanya, selain untuk mencari tahu mengenai banyak hal, dia juga sedang belajar untuk melakukan komunikasi yang baik.

Kemampuan berkomunikasi adalah salah satu dasar pembentukan jiwa kepemimpinan.

Anak yang aktif pada umumnya kreatif dan melakukan pekerjaan yang boleh dikatakan aneh-aneh, tidak biasa. Misalnya anak membuat alat kerja ayahnya sebagai benda mainan, mencoret dinding rumah, dan lain sebagainya. Aktivitas anak ini pun tidak dapat dikatakan sebagai sesuatu yang negatif. Kreativitas anak akan membawa anak menjadi seorang yang memiliki daya cipta tinggi kelak ketika tumbuh dewasa.
Memang anak aktif tidak selamanya terkesan menyenangkan, namun sebagai orang tua harus dapat memahami, mengarahkan, membimbing serta memberikan fasilitas jika sang anak nampak aktif yang kadang terkesan tidak dapat dikendalikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s